BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
1.2
Tujuan
1. Mengenal
dan memahami Ms.Access.
2. Mengetahui
bagian-bagian Ms.Access.
3. Mengetahui
langkah-langkah kerja Ms.Access.
4. Mengetahui
manfaat Ms.Access.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengenalan MS. Access
Microsoft Access adalah suatu
program /aplikasi untuk Database management yang merupakan bagian dari
Microsoft Office, dengan berbagai kemudahan seperti pengaturan data, pembuatan
form, penyaring data, dll.
Microsoft access (atau Microsoft
Officeccess) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional
ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi
ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft
Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.
Aplikasi ini menggunakan mesin basis
data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis
yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data
yang disimpan di dalam format MicrosoftAccess, Microsoft Jet Database
Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainerbasis
data yang mendukung standar ODBC.
.
2.2 Bagian-bagian dari MS. Access
a. Navigasi
Ms. Access 2007
b. Komponen Utama (Object)
v Table
Table (tabel)
adalah objek utama dalam sebuah database yang digunakan untuk menyimpan
sekumpulan data. Bentuk dasar tabel itu sendiri terdiri dari field atau sering
kita sebut column (kolom) dan record atau juga biasa disebut row (baris).\
v Query
Query
merupakan inti dari suatu database, yang dapat melakukan berbagai fungsi yang
berbeda. Fungsi query pada umumnya adalah untuk mengambil data
tertentu pada tabel. Data yang anda inginkan biasanya tersebar pada beberapa
tabel, dengan query Anda dapat menampilkannya dalam satu datasheet tanggal.
Anda juga biasanya tidak ingin menampilkannya sekaligus, Anda dapat menambahkan
kriteria untuk meng-filter data yang Anda ingin tampilkan. Query juga
biasanya digunakan sebagai sumber data bagi form dan report.
Query dibedakan
menjadi 2 jenis dasar, yaitu :
- Select Query hanya mengambil data dan menyiapkannya agar dapat digunakan untuk ditampilkan dilayar, dicetak atau pun di salin pada clipboard.
- Action Query seperti namanya, akan melakukan apapun pada data, seperti membuat tabel baru, menambahkan data pada tabel yang telah ada, meng-update data, atau pun menghapus data.
v Form
Form
digunakan untuk mengontrol proses masukan data (input), menampilkan data
(output), memeriksa dan memperbaharui data. Form
digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user
data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol, dan lain-lain
kontrol windows. form dalam access bisa dimasukkan ke dalam form lain sebagai
control sub form, biasanya jika bekerja dalam transaksi master-detail.
v Report
Berguna untuk membuat laporan.
Report, seperti halnya form, digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan
data menjadi informasi yang siap di cetak di lembaran kertas.
v Macro
Berguna untuk melakukan
beberapa fungsi.
v Switchboard
Digunakan untuk mendisign Menu Utama..
2.3 Langkah Kerja
Ms.Acces 2007
1. Membuka Aplikasi
o Tekan
Start
o Programs
o Microsoft
Office
o Microsoft
Office Access 2007
2. Membuat Database Baru [ File .mdb ]
o
Tekan Shortcut New
Blank Database
o
Tekan Shortcut Open
Folder [ berwarna kuning, sebelah kanan ]
o
Akan muncul window baru
( File New Database )
- Lakukan pembuatan
folder baru kemudian beri nama “Latihan CIA”
-
Tentukan jenis file untuk Microsoft Access 2003 atau Microsoft Access 2000.
- Beri
nama file “dbLatihan.mdb”
o Akan
menutup window File New Database dan kembali ke window New Blank
Database.
Tekan Create untuk membuat database.
3. Membuat/menciptakan tabel Master
Tabel
Master merupakan tabel yang perubahannya jarang
dilakukan, dengan kata lain prosesinput, ubah dan hapus data jarang terjadi
pada tabel master.
Dalam
tabel master terdapat (Primary Key) digunakan sebagai kunci yang
digunakan untuk berelasi dengan tabel lain ( tabel Transaksi ). Yang perlu
dingat adalah nama tabel dan nama field tidak boleh mengandung spasi.
Contoh
tabel master : Biodata Siswa, Data Karyawan dan Data Guru.
o
Pada posisi new table (
window pertama setelah pembuatan file .mdb ), tekan Shortcut Design View
o Akan
muncul window Save As ( komputer meminta memasukan nama tabel yang akan
dibuat )
-
Masukan nama tabel “tbSiswa”, kemudian tekan OK
o Secara
otomatis setiap kali pembuatan tabel menggunakan Microsoft Access 2007 akan
muncul field dengan nama “ID” dan type datanya “AutoNumber” dan statusnya
sebagai “Primary Key” ( ditandai dengan kunci berwarna kuning di sebelah kiri
nama field ).
o
Hapus field tersebut
dan masukan field dan type datanya.
o Kemudian
tekan tombol Table View untuk keluar dari menu Design View, jika
ada konfirmasi untuk menyimpan data, tekan YES
4.
Membuat/menciptakan tabel Transaksi
Tabel
Transaksi merupakan tabel yang sering dipakai (
ada proses input, ubah dan hapus data ) secara rutin.
Contoh Tabel Transaksi adalah Data
Nilai, Data SPP dan Data Absensi
o Tekan
menu Create > Table
o Pada
posisi new table ( window pertama setelah pembuatan file .mdb ), tekan Shortcut
Design View.
o karena
ini pembuatan tabel transaksi, maka tidak ada Primary Key. Kemudian simpan
dengan nama “tbNilai”.
o Masukan
field seperti gambar dibawah ini :
5.
Pembuatan RelationShips
Relationship merupakan
hubungan antara tabel yang satu dengan tabel lainnya, dalam hal ini tabel
master dengan tabel transaksi. Kegunaan dari relasi ini dalah jika terjadi
perubahan di tabel
master maka hasil perubahan tersebut akan mempengarui tabel yang berelasi (
tabel transaksi ), misalnya jika suatu nis pada tabel master di hapus, maka
semua data pada tabel transaksi
akan ikut terhapus.
o Tekan
menu Database Tool > Relationships
o Masukan/tambahkan
semua tabel ketika muncul window Show Table, kemudian tekan close.
o Kemudian
hubungkan field dengan status primary key pada tabel master ke field yang
bersesuaian pada tabel transaksi [ nim -> nim ]. Pada option relasi pilih
semua check yang menunjukan perubahan pada tabel master akan berpengaruh terhadap
tabel transaksi (check integritas data, ubah data dan hapus data ). Kemudian
tekan Create.
o Tekan
Shortcut save dan close.
6.
Pengisian Data
Untuk
membuka tabel cukup dengan cara double click atau click kanan open pada nama
tabel.
o Data tabel Master
o Data
tabel Transaksi
Perlu
diperhatikan bahwa, data NIS pada tbNilai harus ada di tbSiswa, jika
data
yang dimasukan belum ada di tbSiswa, maka input data akan ditolak.
Hal
ini terjadi karena adanya fungsi integritas data dari relationship.
7.
Membuat Query
Query dapat
menampilkan data dari satu tabel maupun gabungan dari beberapa tabel.
Penampilan
data juga dapat diatur dengan kriteria / filter tertentu, misalnya menampilkan
data nilai dengan range tertentu.
a.
Query Data Nilai Siswa,
yang mencakup biodata siswa dan nilai siswa
o Tekan
/ pilih menu Create > Query Design
o Masukan
semua tabel ( tabel yang akan dibuat querynya )
o Masukan
field yang ada pada kotak tabel ke tempat yang sudah disediakan ( bagian bawah
)
o Untuk
memasukan field bisa dengan cara doubel click pada nama field atau dengan click
dan drag dari kotak tabel ke kotak yang sudah disediakan
Keterangan
:
Field : berisi nama
field / kolom
Table : berisi nama
tabel / query
Sort : mengatur jenis
pengurutan data pada field yang bersangkutan, secara desc atau asc
Show : mengatur field
tersebut ditampilkan atau tidak
Criteria : mengatur
filter, misal untuk menampilkan nilai yang lebih besar dari 70, maka masukan “> 90”
o Kemudian
tekan Shortcut Run dan hasilnya seperti gambar dibawah ini
o Tekan
Shortcut Save, berinama qNilaiSiswa.
b.
Query Data Nilai yang dilengkapi dengan Jumlah dan Rata-rata Nilai
o Tahap
ini merupakan contoh query yang dilengkap dengan field yang diciptakan dengan
rumus
o Ulangi
cara “7.a”, simpan query dengan nama “qRataNilai”
o Masuk ke Design View, dengan cara click
kanan pada “qRataNilai”, kemudian pilih Design View.
o Hilangkan bagian Alamat, Gender, Tempat dan
Tanggal Lahir ( blok ke 4 field tersebut, tekan keyboard delete ), sehingga
menjadi seperti gambar dibawah ini :
o Pada
field yang kosong, click kanan > pilih Build
o Isikan
rumus => “Jml_Nilai:IPS+MTK”, tekan OK, beri tanda show, kemudian tekan shortcut
RUN.
Hasilnya seperti gambar dibawah ini
:
8.
SQL (Structured Query Language)
Pada
Microsoft Access juga kita dapat melakukan DML ( Data Manipulation
Language, tampil tambah - ubah – hapus data ) dengan menggunakan script.
Sebagai
contoh, pertama kali kita menampilkan data menggunakan query secara instant,
kita dapat
melihat perintah SQLnya dengan cara :
o
Click kanan pada Query
( misal qNilaiSiswa ), pilih Design View.
o Tekan
tanda segitiga pada Shortcut Table View, kemudian pilih SQL
o Akan
muncul script seperti gambar dibawah ini :
a.
Perintah Tambah Data / Insert
Format
: INSERT INTO [nama_table][(field1,field2,…,fieldn)]
VALUES(value1,value2,…,valuen);
*Catatan :
ü Jika
menggunakan nama field, maka antara jumlah field yang dicantumkan harus sama dengan jumlah
valuenya. Kelebihannya
adalah kita dapat input sebagai data, jadi hanya beberapa field.
ü Jika
tanpa menggunakan nama field( setelah nama_tabel langsung value ), maka jumlah value yang
dimasukan harus sama dengan jumlah field pada tabel yang bersangkutan.
Contoh
1:
INSERT
INTO tbsiswa(NIS,Nama) VALUES(‘03’,’CyberCatZone’);
Contoh
2:
INSERT
INTO tbsiswa VALUES(‘04’,’CCZ’,’Dayeuhluhur
Cilacap’,’Cilacap’,#07/04/1985#);
b. Perintah Hapus Data/ Delete
Format
: DELETE FROM [nama_tabel] WHERE [kondisi];
Contoh
:
DELETE
FROM tbsiswa WHERE NIM=’02’;
Artinya
menghapus data siswa yang mempunyai NIM=02. Jika akan menghapus semua data,
dengan menghilangkan WHERE [kondisi];
c. Perintah Ubah
Data/ Update
Format : UPDATE
[nama] SET [field1]=[value1],[field2]=[value2] WHERE [kondisi]
Contoh :
UPDATE tbsiswa
set Alamat=’Peundeuy RT05/09’,Tempat_Lahir=’CLP’ WHERE NIM=’03’;
Artinya akan
mengubah data dengan NIM=03, dan perubahan dilakukan pada field alamat dan
tempat lahir. Jika akan mengubah semua data dengan data yang sama, hilangkan
bagian WHERE [kondisi]
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar